Senin, 30 Januari 2012

Dilema Endorser – Artisnya Ngetop, Mereknya Tertinggal



Penggunaan brand endorser memang perlu kejelian, termasuk dalam penentuan waktu seorang endorser harus tampil. Ambil contoh Lee Cooper yang minggu lalu memejeng Rio Dewanto sebagai endorser.  Rio memag menjadi pembicaraan, tapi merek Lee Coopernya sendiri nyaris tak terdongkrak.

Seminggu ini, nama actor Rio Dewanto (25) sedang ramai dibicarakan di linimasa. Tweeps memuji-muji dirinya, karena Jum’at  (27/1/12) lalu, Rio tampil dalam sebuah FTV di SCTV. Namanya pun kemudian melejit menjadi trending topic Jakarta. Pada hari itu juga Rio Dewanto hadir pada re-opening Butik Lee Cooper di lantai 2 Tunjungan Plaza 3 Surabaya.




Bagi sebuah merek, penyertaan brand ambassador dalam suatu acara diharapkan dapat membawa mereknya dibicarakan, dikenali, dan diingat serta menjadi daya tarik pengguna untuk membeli merek tersebut. Namun pada kenyataannya, pada  hari itu, popularitas Rio Dewanto jauh lebih tinggi ketimbang Lee Cooper. Bayangkan, selama tujuh hari terakhir, terdapat 512 tweep yang menyebut nama Rio Dewanto. Di sisi lain, hanya 86 tweeps yang menyebut Lee Cooper.



Ini tentu menjadi tantangan atau pekerjaan rumah bagi pengelola merek untuk lebih mengoptimalkan penggunaan brand ambassador-nya untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Pertanyaan lainnya adalah tentang waktu, apakah tepat menggandengkan acara pembukaan butik yang publisitasnya rendah dengan FTV yang jangkauannya begitu tinggi. Pada kondisi seperti itu, wajar bila Lee Cooper dan butiknya tenggelam dalam hiruk pikuk penampilan Rio di FTV.

Seperti disebutkan sebelumnya, pada hari itu Rio tampil di FTV dan Butik Lee Cooper. Karena itu, ketika Rio Dewanto menjadi trending topic, publik jarang menyebut nama Lee Cooper. Publik yang sebagian besar perempuan justru mengagumi ketampanan atau kegantengan aktor kelahiran 28 Agustus 1987 itu. Itu terlewat dari komentar-komentar yang dilontarkan melalui akun twitter-nya.

Selain seorang aktor, Rio mempunyai bakat menyanyi dan menggambar. Wajah tampan dan segudang keahlian membuat tweeps tidak bosan membicarakannya.
Lihat saja bagaimana antusias tweeps membicarakan Rio.

@I_charamel : Rio Dewanto do you have a girl friend, huh? what about me?
@amandaviani : RioDewanto ganteng bangeeeettttttttttt ya ampyuuuuuuunnnnnnnnnn sumpaaaaahhhh
@VH_CNblue : Rio Dewanto is the best! FTV's King! :D <3 you...
@anisaahalkim : abis Rio Dewanto lanjut Vino Bastian.. I love this Friday (♥?♥??) (♥?♥??)
@DeviCarissa : FTV hari ini keren-keren. Ada Rio Dewanto sama Prisia td, skrg ada Vino Bastian.
@dinaasty :  Rio dewanto, why u so hot!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! ?(º?º?)

Aktor ini memang memiliki banyak sekali fans. Akun Twitternya, @Riodewantoo memiliki lebih dari 58,6 ribu follower. Saat ini, Rio (@riodewantoo) sedang promo film terbarunya Hello Goodbye, yang diperankan bersama kekasihnya Atiqah Hasiholan (@atiqahhasiholan).

Sementara itu, butik brand Lee Cooper yang diresmikan 27 Januari lalu adalah renovasi butik Lee Cooper sebelumnya. Butik itu terkesan lebih modern dan nyaman. "Kami telah lama hadir di Surabaya dan kini kami ingin memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi konsumen kami di sini," kata Presiden Direktur PT Lee Cooper Indonesia, Jody Dharmawan kepada wartawan di Surabaya. 



Ini merupakan butik ketiga Lee Cooper dengan nuansa baru di Indonesia setelah kami me-launching butik serupa di Mal Pondok Indah dan Mal Kelapa Gading Jakarta. “Program renovasi butik Lee Cooper dengan tampilan lebih modern, nyaman, dan cool akan kami lakukan di seluruh butik kami di Indonesia," ujar Marketing Manager PT Lee Cooper Indonesia, Suharti Sadja.(Aruman)