Selasa, 24 Januari 2012

KEGAGALAN KAMPANYE TWITTER McDONALD


Pekan lalu, McDonald melakukan kampanye melalui Twitter dengan tema #MeetTheFarmers dan #McDStories. Hashtag pertama yang memperkenalkan pengguna Twitter dari kalangan petani penghasil bahan pendukung produk burger McDonald meledak tanpa suatu halangan. Bahkan mengalahkan tweet tentang McDonald sekalipun.



Tapi ketika mereka beralih ke # McDStories, semuanya berantakan. Rupanya, tidak semua orang memiliki kisah-kisah positif untuk berbagi tentang McDonald. Celakanya, #McStories didominasi oleh orang-orang dengan cerita-cerita buruk. Mereka yang oleh Michael Brito dalam buku Smart Business, Social Business: A Playbook for Social Media in Your Organization disebut sebagai The “Used-to-Be” Customer dalam minggu terakhir menjadi yang paling vokal.



Jika Anda melakukan pencarian untuk "McDStories #" hashtag bahkan hari ini, Anda mungkin akan menemukan beberapa sisa-sisa jenis cerita
negatif orang tentang rantai makanan cepat saji. 









Masih ada beberapa twett yang bahkan lebih parah.

Meskipun dalam beberapa hal, misalnya McDonald di bagian atas halaman hasil pencarian untuk hashtag (pertama karena mereka dipromosikan, maka karena mereka retweeted cukup untuk tetap di dekat bagian atas), sebagian besar konsumen yang berisi pesan negatif cukup banyak.

Dua jam ke dalam mempromosikan hashtag ini, McDonald menariknya
. Namun, public telah bersuara dan suara itu disebarkan kemana-mana mulai dari retweet hingga Facebook. Dalam waktu satu jam sejak menarik #McDStories, jumlah percakapan tentang hal itu mencapai puncak ke 1600 tweeps. Angka itu memang terlalu kecil dibandingkan percakapan tentang McDonald secara keseluruhan yang mencapai 72,8 ribu. Tapi tetap saja memberikan citra tak sedap.

Di Indonesia, beberapa waktu juga terjadi hal yang sama. Seperti ditulis salingsilang.com, Indomie melancarkan program ritensi yang bertema “Semua orang punya cerita Indomienya, apa ceritamu.”  Melalui program ini, publik diminta mengirim cerita tentang Indomie ke ceritaindomiemu@indomie.com atau ke Po.Box  Ceritaindomiemu.
Di lini masa twitter, beberapa kali Indomie menjadi trending. Seperti yang terjaring dalam statistik salingsilang.com Selasa 21/06/11 malam. Akan tetapi yang terjadi, selain cerita positif juga negatif.

Lihatlah beberapa percakapan ini:


 Karena itu, berhati-hatilah dalam memilih hashtag.