Rabu, 01 Februari 2012

Indonesia Pemilik Akun Twitter Terbesar Nomor Lima Dunia


Inilah hasil studi terbaru yang dilakukan oleh Semiocast tentang penduduk Twitter di seluruh dunia yang dirilis, Rabu (31/1) kemarin. Dari hasil studi tersebut diketahui bahwa jumlah penduduk Twitter tertinggi diduduki Amerika serikat dengan 107,7 juta akun. Sementara itu tempat kedua diduduki oleh negara duania ketiga, Braszil dengan jumlah 33,3 juta akun. Jumlah penduduk Twitter di Brazil tersebut melampui Jepang yang mempunyai 29,9 juta akun Twitter.

Bagaimana dengan Indoinesia? Jika dalam pemeringkatan penggunaan Facebook terbesar di seluruh dunia versi Socialbakers, Indonesia berada di peringkat ketiga dengan sekitar 19,5 juta akun Twitter. Maka, besarnya angka pengguna Twitter di Tanah Air berada di urutan kelima di bawah Amerika Serikat, Brazil, Jepang, dan Inggris.


Semiocast merupakan salah satu perusahaan penyedia data dan penelitian tentang media sosial yang berbasis di Paris, Prancis. Dalam penelitian ini, Semiocast juga menganalisis 383 juta akun Twitter yang terdata sebelum 1 Januari 2012. Hasil analisis itu menunjukkan bahwa banyaknya pengguna Twitter di suatu negara bukan jaminan aktivitas posting tweet di negara tersebut juga tinggi.

Karena faktanya, Belanda yang hanya memiliki kurang dari 7 juta akun Twitter menjadi negara asal pengguna Twitter yang paling aktif berkicau di situs mikroblogging tersebut.  Porsi pembicaraan Twitter Belanda tersebut sekitar 27% pembicaraan penduduk Twitter seluruh dunia. Penelitian itu juga mengungkapkan bahwa lebih dari 52% pengguna Twitter di Belanda selalu mengirimkan pembicaraan (tweep), bukan sekadar pendengar atau mengganti avatar dan sebagainya. Porsi ini diatas rata0rata dunia yang hanya 48%.


Amerika Serikat, negara asal Twitter, dengan total 107,7 juta akun memimpin di daftar tersebut. Menyusul kemudian Brazil dengan lebih dari 30 juta pengguna. Jepang yang merupakan kawasan pengguna Twitter tertinggi di Asia dengan total hampir mencapai 30 juta akun berada diurutan ketiga. Lalu disusul oleh Inggris (dengan 23,8 juta akun), serta Indonesia yang mencapai 19.5 juta pengguna.