Kamis, 13 Februari 2014

Mengubah Skandal Menjadi Sumberdaya untuk Memperbarui Diri

Apakah Anda seorang politisi yang tertangkap seseorang atau public dengan posisi celana melorot ke bawah, sebuah bank investasi dituduh memiliki catatan akuntansi yang janggal, atau bahkan sebuah restoran milik keluarga yang menda.
Bila dikelola secara benar, peristiwa yang paling memalukan sekalipun dapat dengan cepat bisa diubah menjadi sesuatu bagian dari masa lalu. Dalam buku Masters of Disaster: The Ten Commandments of Damage Control, Christopher Lehane, Mark Fabiani, dan Bill Guttentag, mengungkapkan formula ajaib yang perlu Anda kendalikan ketika giliran Anda tersedot ke dalam pusaran siklus berputar modern.
Ada sepuluh perintah pengendalian kerusakan. 


Formula ini penulis buat berdasarkan pekerjaan yang mereka lakukan untuk klien seperti Bill Clinton , Goldman Sachs dan studio Hollywood. Disini penulis menguraikan strategi yang dapat membuat berita real time, lini trend Twitter, dan video viral bekerja untuk Anda bukan melawan Anda. Buku yang penuh anekdot kehidupan pribadi dan kerasnya sesuatu sehingga membuat penulis terus terang,  buku ini harus dibaca untuk siapa saja yang ingin muncul dengan reputasi mereka secara utuh .
Christopher Lehane dan Mark Fabiani adalah pakar yang telah berhasil mengendalikan kerusakan di perusahaan dunia yang terdaftar di Fortune 500, pejabat terkemuka,  dan selebriti terkenal. Sebelumnya, mereka bekerja di Gedung Putih pada era Bill Clinton sebagai bagian dari Tim "respon cepat." Tim ini dibentuk untuk menanggapi berbagai investigasi terhadap pemerintahan Clinton.
Sering muncul di media sebagai komentator ahli di bidang seni pengendalian kerusakan (damage control), kedua penulis adalah pengacara lulusan Harvard Law School. Sementara Bill Guttentag adalah dua kali memenangkan piala Oscar untuk film documenter sebagai  penulis - produser - sutradara . Film-filmnya mencakup fitur dramatis Knife Fight and Live!, dan dokumenter Nanking and Soundtrack for Revolution. Ia mengajar di Graduate School of Business Stanford University
Buku Master of Disaster bisa menjadi pedoman lengkap untuk merespon ketika Anda berada pada kondisi di bawah serangan lawan. Juga penting dibaca karena memuat beberapa trik yang bisa menyelamatkan Presiden Clinton dari impeachment akibat skandalnya dengan Monica Lewinsky.  
Sebenarnya menulis buku how to dalam komuniaksi krisis sulit. Ini karena setiap krisis memiliki tantangan yang unik. Suatu strategi atau taktik komunikasi krisis yang bekerja dengan baik dalam satu kasus, bila diterapkankan pada kasus lain – misalnya di negara lain -- bisa jadi malah menyebabkan kematian.
Tapi Lehane , Fabiani, dan Guttentag - melakukan pekerjaan yang indah dan berhasil mempersenjatai pembaca dengan informasi penting yang perlu mereka ketahui untuk bertahan hidup bagi pribadi atau profesional yang menghadapi suatu krisis.
Melalui buku mereka ini, mereka menunjukkan bahwa kita tidak lagi memiliki siklus berita konvensional tetapi siklus dalam siklus. Di era media seperti sekarang ini,  tulis mereka, krisis telah menjadi suatu keadaan yang biasa. Bahkan suatu skandal pun bisa menjadi sumber daya yang tak henti-hentinya untuk memperbaharui diri.
Karena itu, saat ini, mempersiapkan diri untuk menghadapi situasi krisis ke depan menjadi sesuatu yang lebih penting daripada sebelumnya. Disini buku ini membantu pembaca melakukannya dengan merinci Sepuluh Perintah  dalam mengendalikan kerusakan, yang tujuannya adalah untuk membantu memulihkan kepercayaan kepada perusahaan dalam situasi  krisis. Aturan tersebut meliputi peringatan untuk berbicara dengan audiens inti Anda, menghindari sesuatu yang membuat situasi makin panas,  merespon dengan kekuatan yang luar biasa, dan "menghancurkan " lawan yang menyembunyikan dirinya.
Kekuatan terbesar dari buku ini adalah studi kasus yang ditampilkannya. Para penulis memperlihat secara detail berbagai skandal yang pernah mereka tangani, mulai dari kondisi yang mempengaruhi Toyota, British Petroleum , Penn State University, Tiger Woods , pemain bisbol pengguna steroid, hingga beberapa politisi ternama termasuk Clinton.  Membaca studi kasus yang ditampilkannya seperti membaca cerita fiksi yang bagus.
Judul Buku           : Masters of Disaster: The Ten Commandments of Damage Control
Penulis                 : Christopher Lehane, Mark Fabiani, dan Bill Guttentag
Tebal Buku          : 256 halaman

Penerbit               : Palgrave Macmillan, 2014