Minggu, 21 September 2014

Beda Public Relations dan Media Relations

Orang sering mempertukarkan istilah media relations dan public relations secara bergantian. Berbeda dengan pandangan umum, dua istilah tersebut tidak sama. Media relations menyelesaikan satu tujuan, sedangkan public relations menangani yang lain. 
Hubungan Masyarakat
Tugas PR berhubungan dan berkomunikasi dengan semua elemen publik relations untuk membangun relationship dengan perusahaan atau organisasi.  Publik tersebut mencakup karyawan, pelanggan, industri, lembaga pemerintah, investor, badan amal, pemasok dan media.
Dalam menjalankan tugasnya, public relations selalu melihat gambaran yang lebih besar tentang bagaimana sebuah organisasi dirasakan pada umumnya. Karena itu sangatlah penting bagi perusahaan  untuk menjalankan operasinya dengan cara yang paling etis dan otentik. PR yang baik dapat membantu perusahaan untuk memahami pelanggan dan memberikan solusi yang berarti. PR profesional sering bekerja dengan manajemen senior untuk berhubungan langsung dengan internal dan eksternal penting perusahaan. Mereka menggunakan baik media tradisional dan internet yang digunakan. Para praktisi PR memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian, menulis dan berbicara.
Media Relations  
Media Relations melibatkan interaksi perusahaan dengan editor, reporter dan wartawan. Media bisa  berupa surat kabar, radio, televisi dan online. Tujuannya adalah untuk mengkomunikasikan pesan berita, cerita atau informasi dari klien atau perusahaan. Dalam media relations, sebuah perusahaan mungkin hanya perlu satu orang untuk bekerja dengan media. Sebuah perusahaan juga dapat memilih menyewa sebuah tim atau bekerja dengan perusahaan luar untuk mengisi peran itu.
Media relations spesialis biasanya berhubungan dengan media setiap hari. Profesionalnya bekerja untuk mengembangkan dan merancang rencana media yang dapat menjadi cetak biru yang ingin dicapai perusahaan di tingkat lokal, nasional maupun internasional. Strategi bisnis yang dirancang untuk mengelola dan menciptakan persepsi positif terhadap perusahaan.
Sebagai seorang media relations spesialis adalah penting untuk bekerja dengan -- dan tidak bertentangan --  media. Hubungan yang kuat dapat memberikan kepada wartawan, blogger dan penulis konten yang mungkin ingin mendengar tentang yang Anda katakan.
Sementara garis tak kasat mata yang ditarik antara PR dan hubungan media, agar berhasil profesional di kedua bidang haruslah ahli dalam komunikasi massa. Tren informasi harus diantisipasi dengan baik dan harus bisa dengan cepat diakses.

Semuanya harus dilakukan dengan cara menempatkan perusahaan Anda dalam cahaya yang positif. Individu harus memiliki setidaknya gelar sarjana dalam jurnalisme atau komunikasi. Pengetahuan luas tentang Internet dan media sosial adalah keterampilan tambahan yang penting.