Jumat, 17 Juni 2016

Fenomena Digital Selama Ramadhan


Ada beberapa fenomena digital yang menarik selama Ramadhan. Pertama, Ramadhan adalah bulan seluler. Google mencatat penggunaan digital—untuk video dan belanja online—saat Ramadhan meningkat, terutama seminggu sebelum Ramadhan, dan langsung menurun terutama seminggu setelah Idul Fitri. Peningkatan penggunaan digital ini terjadi pada saat istirahat siang dan sahur, dan sebagian besar akses dilakukan dengan seluler.
“Pada tahun lalu 81% penelusuran terkait Ramadhan dilakukan melalui perangkat seluler,” kata Hengky Prihatna, Country Industry Head Google Inc. Jadi, lanjutnya, untuk menjangkau konsumen pada saat Ramadhan, pemilik brand harus hadir di perangkat seluler konsumen.
Temuan kedua, Ramadhan adalah waktu untuk memperbaiki diri. Pada bulan ini, penelusuran istilah terkait “perbaikan diri” di Google melonjak. “Orang Indonesia ingin tampil dan merasa lebih baik serta tetap menjaga kesehatan, maka penelusuran resep, produk perawatan kulit dan busana Muslim semuanya meningkat selama bulan suci ini,” ujarnya.
Hal ini terlihat dari kenaikan frekuensi kunjungan situs yang memuat jadwal puasa yang naik tiga kali, doa naik tujuh kali, hal-hal yang membatalkan puasa naik Sembilan kali, amalan Ramadhan meningkat 12 kali, kultum naik delapan kali, dan Al-Quran naik dua kali.
Ketiga, Ramadhan adalah waktu untuk berbelanja. ”Tahun lalu kami melihat peningkatan volume penelusuran pada lima kategori belanja: pakaian (+29%), travel (+30%), ponsel cerdas (+17%), telekomunikasi (+19%), dan barang elektronik (+24%).” Dengan asumsi penelusuran yang dilakukan itu kemudian dieksekusi di toko, maka bisa disimpulkan bahwa Ramadhan bagi banyak orang berarti berbelanja.
Keempat, Ramadhan adalah bulan membangun merek. Pada Ramadhan tahun lalu merek-merek besar, seperti LINE, Royco, dan Traveloka, gencar berkampanye dengan iklan video. Menurut catatan Google, ketiga merek ini membuat iklan bertema Ramadhan yang masuk ke daftar 10 iklan teratas pada 2015.
Sementara itu, Senior Manager Digital Marketing Blibli.com Tabah Yudhananto menambahkan bahwa selama Ramadhan, peranan wanita sangat dominan terkait aktivitas belanja, karena itu Blibli.com meluncurkan program Groceries Day, promo khusus Ramadhan yang biasanya digemari wanita.
Dia juga menceritakan beberapa temuannya di Blibli.com sepanjang Ramadhan tahun-tahun lalu. Menurut Tabah, pembelian baju koko dan prayer set meningkat. Untuk baju wanita, para shopper tidak selalu mencari baju muslim atau hijab, melainkan baju-baju yang lebih tertutup. Temuan berikutnya, wanita lebih banyak mencari produk kosmetik yang halal. “Peningkatan pencariannya selama Ramadhan bisa meningkat 2-3 kali lipat.” Temuan ini cocok dengan hasil riset Google yang membuktikan pada saat Ramadhan orang ingin terlihat lebih baik dan tampil baik untuk menyempurnakan ibadahnya.