Sabtu, 12 November 2016

Membangun Komunitas Melalui Game Twitter


Judul Buku       : #tweetsmart: 25 Twitter Projects to Help You Build Your Community
Penulis              :  J. S. McDougall
Penerbit            : O’Reilly Media, February 2012
Tebal buku       : 106 halaman termasuk cover

Media sosial bisa menjadi sarana perusahaan untuk berkontak sosial dengan pelanggan mereka.dengan kata lain, media sosial menyediakan ruang pertemuan antara perusahaan dengan pelanggan maupun antarpelanggan sendiri. Di sisi lain, pertemuan adalah sesuatu yang paling berharga bagi manusia. Ini mempunyai makna bahwa media sosial tidak hanya dipandang sebagai saluran baru untuk mencapai dan berinteraksi dengan pelanggan, melainkan juga secara fundamental mengubah cara perusahaan dalam mengidentifikasi, mengembangkan, mengedukasi, dan mendukung pelanggan.

Sebagai media kampanye, media sosial memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan interaksi langsung gaya lama. Saat ini, di mana-mana orang memperbincangkannya, entah itu pelayan, sopir taksi, pemilik toko, penjual, maupun orang yang duduk di samping meja makan Anda. Bahkan media sosial kini menjadi trend setter sehingga ketika seseorang tidak memiliki satu akun merasa tertinggal. Karena itu, wajar setiap muncul satu bentuk media sosial baru orang, termasuk perusahaan,  berbondong-bondong mengaplikasinya. Salah satu alasannya adalah kita takut didahului oleh orang lain. 

Media sosial adalah sarana, bukan tujuan. Dalam konteks ini, media sosial seringkali disalahkan ketika tujuan yang diharapkan tidak tercapai. Orang atau perusahaan sering membuat akun di setiap situs media sosial yang baru muncul, menghabiskan sedikit waktu berharga yang mereka miliki, tetapi kemudian meninggalkannya sampai mati sendiri jika tidak ada hasil yang segera dinikmati.

Buku #tweetsmart  – seperti yang dikatakan penulisnya J.S. McDougall -- adalah jawaban penulis kepada siapa saja yang pernah bertanya, "OK. Aku punya akun Twitter ... sekarang apa yang harus saya lakukan?" # tweetsmart memberikan jawabannya dengan menampilkan 25 proyek kreatif untuk membantu bisnis, atau organisasi Anda agar terus tumbuh. Dengan kata lain, buku ini bukan sekadar buku pemasaran media sosial. Buku justru anti-pemasaran yang biasanya  menjelsskan tentang bagaimana meningkatkan keterlibatan public.

Buku ini ditulis dengan asumsi bahwa Twitter adalah sebuah komunitas. Orang-orang bergabung dengan Twitter untuk bertemu teman baru dan mendiskusikan kepentingan mereka dengan berbagai macam orang-yang sebagian besar dari mereka tidak pernah bertemu di dunia nyata. Tak seorang pun akan mengatakan bahwa mereka bergabung dengan Twitter untuk membuat diri mereka lebih tersedia bagi pengiklan. Iklan di Twitter-mengirimkan satu arah, tidak menarik, iklan yang sangat singkat untuk hal-hal-akan mengganggu Anda orang dan Anda akan diblokir, dilaporkan, dan tidak akan diikuti.

Rwitter bukanlah saluran pemasaran (dan tidak boleh digunakan seperti). Twitter adalah sebuah komunitas orang-orang yang memiliki kepentingan, engage, dan orang-orang berpengaruh. Bertemu dan mengenal orang-orang dapat membantu Anda membangun komunitas Anda sendiri. Dalam panduan yang berguna, Anda akan menemukan proyek-proyek untuk membantu Anda mendekati audiens melalui Twitter dengan cara yang strategis, terukur, dan menyenangkan.

Buku ini bukan manual media pemasaran sosial. Dalam buku ini terdapat 25 proyek yang bertujuan untuk membangun komunitas yang tertarik dan terlibat untuk bisnis Anda. Ini hasil yang berasal dari memiliki seperti komunitas di sekitar bisnis Anda meningkat penjualan, arahan, dan kesempatan untuk umpan balik dan perbaikan. Sangat penting untuk memahami perbedaan antara tujuan dan hasil yang Anda capai.

Ide proyek meliputi cara yang kreatif untuk menyelenggarakan kontes dengan mengandalkan tweet dan  retweet tentang hal-hal tertentu sebagai cara untuk ikut kontes. Dalam beberapa kasus, Anda dianjurkan untuk menggunakan Twitter untuk menawarkan kupon atau penjualan dan diskon khusus ketika orang mentweet dengan hashtags atau informasi tertentu kepada Anda.

Ini adalah proyek yang cukup sederhana dengan memberikan petunjuk langkah demi langkah, Link yang disertakan untuk memeriksa sumber daya lebih lanjut atau menemukan HTML jika tidak termasuk dalam instruksi proyek. Misalnya, Anda bisa menjalankan permainan hashtag pada sebuah konferensi sebagai ice-breaker dan  sebagai cara untuk melibatkan pelanggan Anda dalam melakukan sesuatu selain duduk di ruang rapat. Idenya adalah untuk bersenang-senang dengan berbagai macam ide. Proyek lainnya, seperti Tweet & Eat, yang terbukti berhasil dalam menggiring produk atau layanan. 

Setiap proyek mengandung bagian strategi lanjutan yang menawarkan hal-hal ekstra yang dapat Anda lakukan setelah Anda menguasai dasar-dasarnya. Ada juga beberapa strategi brainstorming yang besar yang akan membuat Anda berpikir tentang cara-cara yang berbeda untuk mempromosikan dan terlibat dengan komunitas Anda. Semoga Andapun berhasil